Mengeset ukuran kertas pada CorelDraw X3

Mumpung ingat, sekalian posting.
Untuk membuat sebuah brosur, terkadang kita menggunakan ukuran kertas yang, kalau boleh aku bilang, tidak normal. Tidak normal di sini, berarti ukuran yang tidak umum digunakan oleh desainer (amatir mungkin ya). Sebagaimana aku sendiri, sering menggunakan ukuran kertas yang agak-agak aneh, yang penting tujuan awal dari bentuk yang aku inginkan tercapai. Seperti sekarang membuat brosur dengan ukuran kertas 50 x 20 cm lipat tiga.
Nah, pada beberapa program seperti Corel, hal ini akan menjadi masalah pada saat kita hendak mencetaknya. Biasanya, ukuran kertas default pada printer adalah letter atau A4. Kita harus mengubah ukuran kertas ini sebelum mencetaknya ke printer. Jika tidak, sebagian dari desain kita akan hilang.
Untuk mengubah ukuran kertas pada printer, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Supaya desain yang akan tercetak pada printer bisa kita lihat di layar monitor, lebih baik desain tersebut kita print preview dulu. Klik File -> Print Preview.



Gambar sebelum ukuran kertas diubah


2. Kemudian, klik pada Print Option (lihat gambar)



3. Setelah muncul kotak dialog Print Option (seperti gambar di bawah), klik pada properties.



4. Kemudian, klik pada tab Page Setup (Saya menggunakan Canon iP1880, jika menggunakan printer lain, pilih pada ukuran kertas sesuai dengan pilihan yang ada pada printer tersebut). Pilih Page Size. Pada drop down-nya, pilih Custom.



5. Setelah itu akan muncul kotak dialog ukuran kertas. Isikan sesuai dengan ukuran kertas yang Anda inginkan. Sepertinya untuk ukuran kertas ini, harus sedikit mengingat matematika ya, karena biasanya ukuran mm, jadi yang ukuran cm harus dikonversi ke mm dulu. :D



6. Klik tombol OK 3 kali.

7. Tampilan pada print preview akan seperti ini, dan siap dicetak.



posted under |

1 komentar:

Syuhada Bakhri mengatakan...

Mantap gan tutorialnya thanks bgt ckp membantu, klo untuk printer Epson L100 gmn caranya gan ?

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda