Di Balik Sebuah Buku Motivasi


Jogja, kalau boleh aku bilang, merupakan kota segudang penerbit buku. Tersebar di seantero kota, ada begitu banyak penerbit buku yang berdiri di kota ini. Sebut saja ada Bentang, LKiS, penerbit Andi, dll. Dulu sempat berkecimpung dalam bidang ini, meskipun bukan dalam bidang bisnisnya. Jadi sedikit banyak tahu tentang penerbitan.

Ada sebuah fakta menarik yang terungkap pada saat berbincang dengan teman, seorang pengarang buku. Sebuah buku motivasi yang dikarangnya pernah menjadi best seller. Ada banyak sekali pembaca yang menghubunginya, merasa termotivasi setelah membaca buku tersebut. Aku sendiri belum pernah membaca bukunya, cuman dari perbincanganku dengannya sepertinya isi bukunya kurang lebih memotivasi orang untuk mengubah hidupnya. Dijelaskannya dari A sampai Z.

Namun jangan salah. Konsep tetaplah sebuah konsep. Tanpa dilaksanakan, sebuah konsep hanyalah angan-angan belaka. Itu yang terjadi. Konsep yang dituliskan pada bukunya, merupakan sebuah pembelajaran bagi orang lain, tanpa dipraktekkan terlebih dahulu oleh pengarangnya. Pengarang hanya memotivasi orang untuk bisa mengubah nasibnya sedangkan dia sendiri masih "belum" bisa mengubah nasibnya sendiri.

Memang, saya tidak meng-generalisir hal ini. Tidak semua buku motivasi hanyalah konsep belaka, yang pengarangnya sendiri bahkan tidak tahu bagaimana melaksanakan konsep tersebut. Namun, dari fakta yang saya kemukakan di atas, ada baiknya kita mulai bisa memilah dan memilih buku-buku motivasi yang beredar di pasaran.


posted under |

4 komentar:

Mardi81 mengatakan...

Yah, saya kira semua orang bisa bikin konsep, tapi hanya orang orang tertentu saja yang dapat melaksanakan konsep-konsep tersebut.

Good Luck

Admin mengatakan...

Iya, makanya tim konseptor KABARLAMA.INC jangan hanya membuat konsep saja. Tetapi siap dan sanggup melaksanakan semua konsep tersebut.

Anonim mengatakan...

Apakah Bung Eko Teguh ini masih saudaranya Mario Teguh ya?
Atau Teguh Karya mungkin?
Salam, semoga tetap Teguh sampai kapanpun.

Admin mengatakan...

Hehehehehe...

Sorry bung. Tidak ada hubungan sama sekali. Terima kasih atas doanya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda